Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas Ivc SD Negeri 13 Baruga

ABSTRAK
Arin Anto (2018), “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IVC SD Negeri 13 Baruga”. Skripsi. Jurusan Pendididkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing: (1) Dra.Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd, (2) Dr. La Ili, S.Pd.,M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IVC SD Negeri 13 Baruga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar melalui penerapan model problem based learning (PBL) pada kelas IVC SD Negeri 13 Baruga.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena masalah yang diteliti yaitu masalah masalah yang berhubungan dengan kesulitan siswa dalam mempelajari matematika yang berasal dari proses pembelajaran di kelas. Tindakan yang digunakan guru dalam mengatasi masalah yaitu dengan menerakan model problem based learning (PBL) guna untuk mengatasi masalah yang berkaitan dangan lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 2 siklus karana masalah yang diteliti dalam penelitian sudah tuntas pada siklus ke 2 artinya bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar sudah mengalami peningkatan atau mencapai target.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes evaluasi dan lembar observasi. Tes evaluasi di gunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa kelas IVC SD Negeri 13 Baruga untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa memecahkan masalah matematika. Sedangkan lembar observasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika dalam penerapan model problem based learning (PBL)
Hasil penelitian ini dapat di lihat dari hasil tes siklus 1 bahwa siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebanyak 23 siswa dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ 65 sebanyak 13 siswa dengan persentase ketuntasan pada siklus 1 sebesar 64%, sedangkan pada hasil tes siklus 2 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 menadi 28 siswa dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ 65 menjadi 8 siswa dengan persentase ketuntasan yang mengalami peningkatan sebesar 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar persegi,persegi panjang dan segitiga pada siswa kelas IVC SD Negeri 13 Baruga.

Kata kunci: Penerapan, model, problem based learning, pemecahan masalah matematika, keliling dan luas bangun datar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Arin Anto - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,67 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...