Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Serapan Campuran Ekstrak Pasir Besi Dan Arang Aktif Kulit Biji Mete Terhadap Iodium Dan Metilen Biru

ABSTRAK

Mariani (A1C3 10 101) telah melakukan penelitian dengan judul “Analisis Serapan Campuran Ekstrak Pasir Besi dan Arang Aktif Kulit Biji Mete Terhadap Iodium dan Metilen Biru”.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengaruh campuran fraksi massa pasir besi terhadap daya serap iodium dari campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif kulit biji mete? 2. Bagaimana pengaruh campuran fraksi massa pasir besi terhadap daya serap metilen biru dari campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif kulit biji mete? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. menganalisis efek campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif kulit biji mete sebagai adsorben terhadap iodium. 2. menganalisis efek campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif kulit biji mete sebagai adsorben pada metilen biru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis serapan campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif kulit biji mete terhadap iodium dan metilen biru. Penelitian ini terdiri dari enam sampel dengan menggunakan perbandingan variasi fraksi massa pasir besi, dan sebagai adsorbennya digunakan zat warna iodium dan metilen biru. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah Spektrofotometri Uv –Vis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa daya serap campuran ekstrak pasir besi dan arang aktif dengan daya serap maksimum untuk I2 terjadi pada fraksi massa 20 sebesar 497,839 mg/g. Sedangkan untuk metilen biru serapan maksimum terjadi pada fraksi massa 40 mencapai 3.998 mg/g.

Kata kunci: pasir besi, arang aktif, adsorbsi, iodium, metilen biru.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Mariani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,36 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...