Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Kelayakan Tarif Angkutan Umum (MIKROLET) Kota Kendari Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) RuteKampus Baru UHO – Sentral Kota Lama

ABSTRAK
ANALISIS KELAYAKAN TARIF ANGKUTAN UMUM(MIKROLET) KOTA KENDARI BERDASARKAN BIAYA OPERASIONA KENDARAAN (BOK) RUTEKAMPUS BARU UHO ─ SENTRAL KOTA LAMA
Merliyani¹, Dr. Adris Ade Putra, ST.,MT², La Welendo, ST., MT³
¹Mahasiswa Teknik Sipil, ²Pembimbing I dan Dosen, ³Pembimbing II dan Dosen
Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo
Angkutan umum adalah salah satu moda transportasi yang menghubungkan kawasan yang satu dengan yang lain. Kota Kendari adalah salah satu Kota yang sedang membangun, membutuhkan pelayanan yang murah, cepat, aman dan nyaman. Penentuan besaran tarif angkutan membutuhkan penanganan dan kebijakan yang arif karena menjembatangi kepentingan penumpang selaku konsumen dan pengusaha selaku operator angkutan umum.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) terhadap penentuan tarif angkutan Kota yang layak diberlakukan pemerintah kepada masyarakat sesuai ruteKampus Baru UHO – Sentral Kota Lama dengan jarak 13,4 km. Penelitian ini menggunakan metode berdasarkan ketentuan Departemen Perhubungan Republik Indonesia Tahun 2002..
Hasil analisa (BOK) diperoleh sebesar Rp. 2.668,44/ penumpang-km. dimana tarif yang berlaku saat ini untuk umum Rp. 5000 per penumpang, selisihnya sebesar Rp.2.331,56sehingga operator masih memiliki keuntungan sebesar 46,63%. Sedangkan tarif yang berlaku untuk pelajar adalah Rp. 3.000 per penumpang dengan selisih tarifsebesar Rp.Rp.331,56 sehingga operator memiliki keuntungan sebesar 11,05%.

Kata Kunci : Angkutan Umum, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Faktor Muat, Tarif

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Merliyani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Teknik Sipil
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit F-TEKNIK/Teknik Sipil
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvi,103 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...