Pilih Bahasa  
Book's Detail
Metode Komplemen Schur Untuk Menentukan Determinan Dan Invers Matriks Hankel Dengan Blok Matriks 2×2

Abstrak
Penelitian ini membahas tentang metode komplemen Schur dimana metode ini digunakan untuk menentukan determinan dan invers matriks Hankel yang telah diblok. setelah matriks tersebut diblok akan membentuk matriks hankel ganjil H=[■(A&B@B^T&D)] dan genap H=[■(A&B@B&D)]. Setelah diperoleh komplemen Schur dari submatriks, maka akan diperoleh rumus umum untuk menentukan determinan dan invers matriks Hankel ukuran ganjil dan genap sebagai berikut: det⁡(H)=det⁡(A)det⁡(D-B^T A^(-1) B)
H^(-1)=[■(〖(A〗^(-1)+A^(-1) 〖B(D-B^T A^(-1) B)〗^(-1) B^T A^(-1))&〖-A〗^(-1) B(D-B^T A^(-1) B)^(-1)@-(D-B^T A^(-1) B)^(-1) B^T A^(-1)&(D-B^T A^(-1) B)^(-1) )] dan
det⁡(H)=det⁡(A)det⁡(D-BA^(-1) B)
H^(-1)=[■(A^(-1)+A^(-1) (D-BA^(-1) B)^(-1) BA^(-1)&-A^(-1) B(D-BA^(-1) B)^(-1)@-(D-BA^(-1) B)^(-1) BA^(-1)&(D-BA^(-1) B)^(-1) )]. Kedua rumus ini dapat digunakan dengan syarat A nonsingular. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rumus umum dari determinan dan invers matriks Hankel dapat digunakan untuk ukuran matriks yang lebih besar atau sama dengan tiga, dengan syarat salah satu submatriks dari matriks Hankel dan komplemen Schur-nya adalah nonsingular.

Kata kunci : Matriks Hankel, Komplemen Schur, Determinan Matriks, Invers Matriks.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sri Muliani Indrawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit F-MIPA/Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,55 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...