Pilih Bahasa  
Book's Detail
Variasi Ukuran Butiran Mangan Alam Dan Karbon Aktif Tempurung Kelapa Terhadap Penurunan Kadar Logam Besi (Fe) Pada Air Sumur Gali

ABSTRAK
AYU ASMAURINA A. D.(A1C3 14 064),“Variasi Ukuran ButiranMangan Alam dan Karbon Aktif Tempurung Kelapa Terhadap Penurunan Kadar Logam Besi (Fe) pada Air Sumur Gali”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran butir mangan alam dan karbon aktif tempurung kelapaterhadap penurunan kadar logam Besi (Fe) pada air sumur gali.
Pengukuran sampel awal air sumur gali untuk penentuan kadar logam Besi (Fe)dengan metode Spektroskopi Serapan Atom menghasilkan kadar Fe sebesar 1.85 mg/L. Manganalam dibuat dengan variasi ukuran butiran dari 60mesh, dan 100 mesh sedangkan karbon aktif tempurung kelapa dengan ukuran 20 mesh, dan 60 mesh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran butiran yang efektif menurunkan kadar logam besi (Fe) yaitu ukuran butir mangan alam 100 mesh dan ukuran butir karbon aktif60mesh. Dimana efektifitas pengolahan untuk besi (Fe) sebesar92,43 %, dan 94,05 %.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan air sumur gali dengan metode filtrasi berhasil menurunkan kadar besi (Fe) pada air sumur gali.
Kata kunci: Filtrasi, Variasi Ukuran Butir, Kadar Logam Besi (Fe)

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ayu Asmaurina A. D. - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Ekonomi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Upper Saddle River, NJ
Deskripsi Fisik xv,35 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...