Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Sma Kelas Xi Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum Dan Impuls

ABSTRAK
Muh. Jalaluddin (A1C313041), “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Momentum dan Impuls”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan guru fisika yang harus menguasai materi fisika. Dalam proses pembelajaran akan lebih interaktif jika terdapat sumber belajar yang dapat membantu guru untuk menarik perhatian peserta didik dan menumbuhkan semangat untuk belajar. Salah satu sumber belajar yang dimaksud adalah penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran fisika materi momentum dan impuls yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development yang mengacu pada model ADDIE yaitu (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Media pembelajaran fisika tersebut telah divalidasi oleh 2 (dua) orang ahli pembelajaran dengan rata-rata nilai 84,37%, 2 (dua) orang ahli materi dengan rata-rata nilai 76,56% dan 2 (dua) orang ahli media dengan rata-rata nilai 77,77%, serta tanggapan dari 2 orang guru deangan rata-rata nilai 93,18% dan 20 peserta didik SMAN 2 Kolaka setelah uji coba terbatas dengan rata-rata nilai 81,2%. Jika dilihat dari hasil validasi ahli pembelajaran, ahli materi dan ahli media, maka media pembelajara fisika menggunakan adobe flash professional CS6 yang dihasilkan dapat dikategorikan “valid” dan dilihat dari hasil tanggapan guru dan uji coba terbatas pada peserta didik dapat dikategorikan “praktis”.
Berdasarkan hasil validasi dan tanggapan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran fisika SMA kelas XI menggunakan adobe flash professional CS6 pada materi momentum dan impuls valid, praktis dan layak digunakan pada pembelajaran. Oleh karena itu, bagi guru yang hendak mengajar fisika khususnya kompetensi dasar (KD) menjelaskan konsep momentum dan impuls, menjelaskan hubungan momentum dan impuls, menentukan hukum kekekalan momentum dan menerapkan hukum kekekalan energi dan hukum kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan disarankan untuk menggunakan media pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: Research & Development, Media Pembelajaran, Momentum dan Impuls

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Muh. Jalaluddin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvi,69 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...