Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Barangka

ABSTRAK
Yuliana (A1C1 14 082). “Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Barangka”. Penelitian ini merupakan penelitian Expo-facto. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan disiplin belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka, (2) Untuk mengetahui korelasi positif disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka, (3) Untuk mengetahui disiplin belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Disiplin Belajar mempunyai korelasi positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka, (2) Disiplin belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 112 siswa yang tersebar dalam 6 kelas parallel. Jumlah sampel dalam penelitin 112 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan 2 cara yaitu angket, tes. Angket digunakan untuk mengukur tingkat disiplin belajar siswa. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Disiplin belajar mempunyai rata-rata sebesar 60,2679 dengan median 69,3333, modus 69,33, standar deviasi 10,98671, nilai terrendah 36,67, nilai tertinggi 95,33. Sedangkan untuk variabel hasil belajar matematika mempunyai rata-rata sebesar 60,2679 dengan median 64,2857, modus 64,29, standar deviasi 15,39399, nilai terrendah 21,43, dan nilai tertinggi 100. (2) Disiplin belajar mempunyai korelasi yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,893 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. (3) Disiplin belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, yang ditunjukkan dengan Ŷ = -25,644 + 1,251x, dengan koefisien determinasi yaitu 0,797 atau 79,7%. Hal ini menunjukka bahwa disiplin belajar memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yuliana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,83 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...