Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan

ABSTRAK

RESKI AGUNG MANTUNG (A1C1 14 104). “PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KONAWE SELATAN”. Dibimbing oleh Hasnawati, S.Si., M.Si. (Pembimbing I) dan Dr. Lambertus, M.Pd. (Pembimbing II).
Menanamkan kemampuan berpikir kreatif adalah bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan setelah diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, (3) Pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Posttest Only Design. Variabel yang digunakan meliputi variabel bebas berupa pendekatan Contextual Teaching and Learning variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIIID dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest yang bermuatan indikator kemampuan berpikir kreatif. Data skala penilaian dianalisis secara statistik deskriptif dan data soal posttest dianalisis menggunakan statistik inferensial (analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata – rata 39,59. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 484,635 dan 2,20, nilai rata-rata indikator berpikir lancar 79, berpikir luwes 31, berpikir merinci 18, dan berpikir asli 30, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan memiliki nilai rata – rata 55,60. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 540,70 dan 23,25, nilai rata-rata indikator berpikir lancar 87, berpikir luwes 60, berpikir merinci 23, dan berpikir asli 53, (3) terdapat pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Konawe Selatan.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, kemampuan berpikir kreatif.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Reski Agung Mantung - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvi,65 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...