Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana

ABSTRAK

SISKA DAMAYANTI SYUKUR. A1C1 14 056. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Negeri 2 Bombana”. Dibimbing oleh Dr. Kadir, S.Pd., M.Si. (Pembimbing 1) dan Dr. Anwar Bey, M.S. (Pembimbing 2)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan metode pembelajaran Socrates, 2) gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Socrates 3) pengaruh metode pembelajaran Socrates terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana yang tersebar pada lima kelas paralel, dengan jumlah siswa sebanyak 180 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum diajar menggunakan metode pembelajaran Socrates diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pretest bernilai rata-rata sebesar 27,02 sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,80. Varians pada saat pretest adalah sebesar 170,389 dan varians pada saat posttest adalah sebesar 295,003. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana mengalami peningkatan atau lebih baik setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Socrates.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Socrates, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siska Damayanti Syukur - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,50 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...