Pilih Bahasa  
Book's Detail
Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Kendari Pada Materi Fluida Statis

ABSTRAK

Rian Praditia Multi, G2J1 16 035. Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Kendari pada Materi Fluida Statis.
Pembimbing: 1) Dr. Ida Usman, S.Si., M.Si, II) Dr. H. Muhammad Anas, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi empiris tentang keefektifan dan efesiensi model pembelajaran penemuan (PP) dan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar ranah kognitif (HBK) dan keterampilan proses sains (KPS) ditinjau dari keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design faktorial 2 x 2. Sampel penelitian diambil berdasarkan hasil evaluasi nilai rata-rata ulangan semester, kelas XI IPA2 belajar dengan model PP dan kelas XI IPA3 belajar dengan model PBM. Data penelitian diperoleh melalui: 1) observasi keterlaksanaan pembelajaran dan KPS; 2) tes KBK, HBK dan KPS dalam bentuk pilihan ganda; dan 3) Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 16.0 pada α=0,05. Hasil analisis data menunjukkan: 1) model PP dan model PBM memberikan keefektifan relatif sebesar 42,50% terhadap HBK dan KPS sebesar 22,86%; 2) model PP memberikan efisiensi relatif sebesar 33,77% untuk HBK dan 36,54% untuk KPS, sedangkan model PBM memberikan efisiensi relatif sebesar 39,42% untuk HBK dan 39,87% untuk KPS; 3) tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata HBK peserta didik yang belajar dengan model PP dan model PBM secara keseluruhan maupun ditinjau dari KBK tinggi dan KBK rendah peserta didik; 4) tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata KPS peserta didik yang belajar dengan model PP dan model PBM secara keseluruhan maupun ditinjau dari KBK tinggi dan KBK rendah peserta didik; 5) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan KBK terhadap HBK dan KPS. Oleh karena itu, model PP memberikan keefektifan relatif lebih baik daripada model PBM terhadap HBK dan KPS.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rian Praditia Multi - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.IPA Kons.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA Kons.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,89 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...