Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa-Fisika Peserta Didik Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga Pada Materi Pokok Cahaya

ABSTRAK

SALWIATI (A1C3 13 055), telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran POE untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA-Fisika Peserta Didik Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga pada Materi Pokok Cahaya (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga Semester II Tahun Ajaran 2016/2017)”. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga pada materi pokok cahaya yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran POE; 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga pada materi pokok cahaya yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran POE dan 3) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga pada materi pokok cahaya yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran POE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII1 yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 orang yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data keterampilan proses sains dan hasil belajar. Data keterampilan proses sains diperoleh dengan melakukan praktikum sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) menentukan persentase aspek keterampilan proses sains peserta didik; 2) menentukan hasil belajar peserta didik; 3) menentukan nilai rata-rata hasil belajar; 4) menentukan ketuntasan belajar peserta didik. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran POE pada materi pokok cahaya untuk keterampilan proses sains cenderung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan 2) hasil belajar peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 1 Wadaga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran POE materi pokok cahaya mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,64 menjadi 81,49 pada siklus II dan 3) Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 54,5 %, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan peserta didik meningkat sebesar 82 %.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA-Fisika, Model Pembelajaran

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Salwiati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,40 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...