Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Matematik Siswa SMP Negeri 11 Kendari

ABSTRAK
Kadek Henik Arya Pariasanti (A1C1 13 137). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Matematik Siswa SMP Negeri 11 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Kelompok Kontrol Pasca Tes Beracak ( Randomaized Posttest-Only Control Group Design). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) gambaran peningkatan kemampuan literasi matematika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan pebelajaran konvensional pada materi kubus, balok, limas dan prisma tegak dan (2) pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematik pada materi kubus, balok, limas dan prisma tegak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kendari yang tersebar dalam 4 kelas pararel yaitu VIII1 - VIII4 dan aktif pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah 54 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data kemampuan literasi matematik siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan Literasi matematik yang di ajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan kubus, balok, limas dan prisma tegak tergolong sedang yaitu sekitar 13 siswa atau 48% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tingkat kemampuan literasi matematik tergolong rendah yaitu sekitar 18 siswa atau 72 % mendapat nilai dibawah 60. Pada indikator kemampuan literasi matematik, indikator komunikasi, matematisasi, penggunaan alat-alat matematika terkategori lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Walaupun demikian, indikator lainnya seperti menggunakan bahasa simbolik dan formal, merumuskan strategi dan representasi masih tergolong rendah untuk kedua kelas. 2) Perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematik yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematik siswa dibandingkan pendekatan pembelajaran kovensional. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi independent Sample Test yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematik siswa.

Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Literasi Matematik

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Kadek Henik Arya Pariasanti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,68 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...