Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Pemahaman Konsep Matemtika Dengan Alat Permainan Kartu Edukasi Di Tk Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari

ABSTRAK
Siti Marwah. 2018. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Alat Permainan Kartu Edukasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari”. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing pertama Hj. Aisyah dan pembimbing kedua Muamal Gadafi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Alat Permainan Kartu Edukasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Alat Permainan Kartu Edukasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan alat permainan kartu edukasi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di TK Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki berusia 3 sampai 4 tahun
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator proses dikatakan berhasil apabila ≥90% ketercapaian. Pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 15 aspek yang diamati. 9 aspek yang telah dicapai guru atau 64,29% dan tidak tercapai sebanyak 5 aspek atau 35,71%. Sedangkan kegiatan belajar anak sesuai hasil observasi anak sebanyak 13 aspek. 9 aspek yang telah dicapai anak atau 69,23% dan 4 aspek yang tidak tercapai atau 30,77%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86%, sedangkan kegiatan belajar anak meningkat menjadi 92,31%.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh ≥75%, kategori BSB atau BSH. Berdasarkan observasi awal pemahaman konsep matematika anak didik sebesar 30%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 70% ke siklus II sebesar 90%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika dapat meningkat dengan alat permainan kartu edukasi di Yaa Bunayya Hidayatullah Kendari tahun akademik 2017/2018.
.
Kata Kunci: Konsep Matematika, Kartu Edukasi.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siti Marwah - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,52 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...