Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Strategi Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII.1 SMPN 14 Kendari

ABSTRAK
Nuraeni Qurnia Sari (A1C1 13 131), Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII.1 SMPN 14 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII.1 SMPN 14 Kendari melalui penerapan strategi konflik kognitif.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakn sebanyak tiga siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.1 dengan jumlah 26 orang. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu: (a) pembelajaran dikatakan terlaksana dengan baik apabila minimal 90% skenario pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik; (b) pembelajaran dikatakan berhasil apabila minimal 85 % siswa telah mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah minimal 65.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari segi katerlaksaaan pembelajaran, yaitu: (1) keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus 1 mencapai 75%, meningkat pada siklus 2 menjadi 79,38% dan meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 93,75%; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 73,75%, meningkat pada siklus 2 menjadi 80% kemudian meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 93,75%. Dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII.1 SMPN 14 Kendari pada tes awal yaitu, dari 26 orang yang mengikuti tes terdapat 7 orang yang mencapai nilai ≥ 65 atau 27% siswa yang mengikuti tes awal telah mencapai nilai ≥ 65, meningkat pada siklus 1 menjadi 11 dari 26 atau 42% siswa yang mengikuti tes siklus 1 telah mencapai nilai ≥ 65, meningkat pada siklus 2 menjadi 18 dari 24 atau 75% siswa telah mencapai nilai ≥ 65, kemudian meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 23 dari 26 atau 89% siswa telah mencapai nilai ≥ 65.
Kata kunci: strategi pembelajaran konflik kognitif, kemampuan pemecahan masalah

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nuraeni Qurnia Sari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik viii,51 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...