Pilih Bahasa  
Book's Detail
Hubungan Koordinasi Mata Dan Kaki Dengan Kemampuan Menendang Bola Ke Gawang Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa SMP Negeri 1 Duruka

ABSTRAK

Ruslin, A1E114 104 “Hubungan koordinasi mata dan kaki dengan kemampuan menendang bola ke gawang dalam permainan sepak bola pada siswa SMP Negeri 1 Duruka”. Pembimbing I Bapak Dr. Hasanuddin Jumareng, MS. Dan Pembimbing II Bapak Muh. Zaenal Arwih, S.Pd., M.Kes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan koordinasi mata dan kaki dengan kemampuan menendang bola ke gawang dalam permainan sepak bola pada siswa SMP Negeri 1 Duruka.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Duruka yang berjumlah 357 orang. Sampel ditarik menggunakan teknik puposive random sampling yaitu berdasarkan pertimbangan jenis kelamin putra dan siswa yang bisa melakukan tendangan dengan benar. Selanjutnya dilakukan random untuk mendapatkan jumlah sampel sebanyak 30 orang.Instrumen tes yang digunakan adalah tes koordinasi mata dan kaki dengan cara volley wall soccar test dan tes kemampuan menendang bola ke gawang dengan cara melakukan tes menembakan bola ke sasaran (shooting).
Data koordinasi mata dan kaki diambil jumlah tendangan yang dilakukan dikotak sasaran selama 20 detik. Sedangkan data kemampuan menendang bola ke gawang diambil skor sasaran dan skor waktu. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hipotesis yang diajukan adalah uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 16.
Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis koordinasi mata kaki mempunyai hubungan dengan kemampuan menendang bola kegawang pada permainan seapak bola, dimana nilai signifikan = 0,000 < 0,05. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan koordinasi mata dan kaki dengan kemampuan menendang bola ke gawang dalam permainan sepak bola pada siswa SMP Negeri 1 Duruka.

Kata Kunci: Hubungan Koordinasi Mata dan Kaki, Kemampuan Menendang Bola, Sepak Bola

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ruslin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,59 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...