Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Gelombang Bunyi Dan Cahaya Tingkat SMA/MA

ABSTRAK

Eka Wahyuni. (A1C3 14078), “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Gelombang Bunyi dan Cahaya Tingkat SMA/MA”.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang layak digunakan, yakni dengan: (1) mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Software Lectora Inspire pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya yang valid digunakan dalam pembelajaran; (2) mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Software Lectora Inspire pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya yang praktis digunakan dalam pembelajaran; dan (3) Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Software Lectora Inspire pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya yang efektif digunakan dalam pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) divalidasi oleh 3 orang ahli pendidikan dan 3 orang ahli Information and Technology (IT). Subyek penelitian ini adalah 20 orang peserta didik kelas XI MIPA5 SMAN 5 Kendari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan angket untuk memperoleh data penelitian tentang keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, respon guru, respon siswa dan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran penemuan berbantuan Software Lectora Inspire pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya yang dikembangkan, menurut pendapat ahli pendidikan RPP mendapat kategori sangat valid yang ditunjukkan dengan nilai indeks kesepakatan akhir sebesar 4,80 dan ahli IT dengan indeks kesepakatan akhir mencapai 4,05 yang berarti RPP dalam kategori sangat valid. Kedua, proses pembelajaran fisika dengan menerapkan RPP berbantuan Software Lectora Inspire dinyatakan praktis yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan terlaksana dalam kategori sangat baik dengan indeks kesepakatan akhir sebesar 3,75 dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan kategori baik. Ketiga, RPP berbantuan Software Lectora Inspire dinyatakan efektif yang ditunjukkan dengan hasil respon peserta didik dan guru, serta nilai tes ketuntasan indikator peserta didik yang diperoleh dari hasil analisis n-gain yang tinggi.
Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Discovery Learning, Software Lectora Inspire.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Eka Wahyuni - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,88 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...