Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna

ABSTRAK
Julrahmat (A1C113123). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kontukowuna, (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kontukowuna yang diajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik (PMR), (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kontukowuna yang terdiri dari 4 kelas paralel dengan jumlah 106 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah 54 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 28 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistic (PMR) adalah 70,789, (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 62,723, dan (3) Penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kontukowuna.

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Julrahmat - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,64 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...