Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hukum Newton Peserta Didik Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi

ABSTRAK

Wa Ode Suriani (A1C3 13 071), “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Hukum Newton (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi Semester II Tahun Ajaran 2017/2018)”.
Penelitian ini dilatarbelkangi dengan sulitnya guru maupun peserta didik dalam pemahaman konsep sistematis pada materi pelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA2 yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data keterampilan berpikir kritis dan data hasil belajar peserta didik. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) membuat tabulasi data; 2) menentukan hasil belajar; 3) menentukan nilai rata-rata hasil belajar; 4) mengklasifikasi nilai hasil belajar; 5) menentukan nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik; dan 6) pengkategorian keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I meningkat pada tiap indikatornya di siklus II. Persentase keterampilan menganalisis meningkat dari 80,21 menjadi 87,5, keterampilan mensintesis meningkat dari 55,21 menjadi 62,5, keterampilan mengenal dan memecahkan masalah meningkat dari 45,83 menjadi 63,54, keterampilan menyimpulkan meningkat dari 33,33 menjadi 83,33, serta keterampilan mengevaluasi meningkat dari 31,25 menjadi 82,29; dan 2) hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik bervariasi antara 52,08 sampai dengan 75,00 dengan nilai rata-rata sebesar 63,11. Sementara pada siklus II, hasil belajar peserta didik berada diantara 66,67 sampai dengan 93,75 dengan nilai rata-rata sebesar 80,82.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Suriani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,40 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...