Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Barangka

ABSTRAK
IRA WATI (A1C1 14 023). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Barangka”. Dibimbing oleh Dr. Lambertus, M.Pd. (Pembimbing I) dan Drs. H. Utu Rahim, M.Pd. (Pembimbing II).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka yang diajar melalui model pembelajaran konvensional; dan (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barangka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri1 Barangka yang terdiri dari 6 kelas paralel berjumlah 122 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 43 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada lima pertemuan pembelajaran berturut-turut adalah 80.95%; 85.71%; 85.71%; 90.47 dan 95.23%. Persentase keaktifan siswa pada empat pertemuan pembelajaran berturut-turut adalah 84.21%; 89.47%; 84.21%; 94.73%; dan100%; (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 69.45; (3) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 62.86; (4) Model pembelajaran kooparatif tipe jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw; Model Pembelajaran konvensional; Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ira Wati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,79 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...