Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Putih Kolaka Utara

ABSTRAK
Asmir (A1C1 14 136) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Putih Kolaka Utara”. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (3) menguji perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Putih. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan random. Desain penelitian ini adalah posttest only design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika dan dianalisis deskriptif dan inferensial. Hipotesis menggunakan uji-t pada α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, memiliki nilai rata-rata 56,90, median 59,00, modus 76,00, standar deviasi 21,94, varians 481,46, nilai maksimum 86,00 dan nilai minimum 18,00; (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, memiliki nilai rata-rata 38,96 median 34,00, modus 32,00, standar deviasi 17,81, varians 317,04, nilai maksimum 92,00 dan nilai minimum 8,00; (3) model pembelajaran kooperatif tipe TAI secara signifikan lebih berpengaruh daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Putih. Saran dari peneliti adalah diharapkan kepada guru matematika supaya menjadikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai alternatif pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asmir - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,123 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...