Pilih Bahasa  
Book's Detail
Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Discovery Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas IVB SD 07 Abeli

ABSTRAK
Hengki Duwit (2018) “ Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Discovery dengan Menggunakan Alat Peraga pada Meteri keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV B SDN 07 Abeli. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing: (1) Drs. La Ode Kaimuddin, S.Pd.,M.Pd, (2) Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Discovery dengan menggunakan alat peraga pada materi keliling dan luas bangun datar? Respon siswa yang akan di teliti adalah tiga indikator respon yang di uangkapkan oleh Zarkaysi antara lain ; a) kepuasan merespon; b) kemauan untuk merespon/berpartisipasi aktif; c) kesudian untuk merespon/berpartisipasi aktif. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui respon siswa kelas IV B SD 07 Abeli terhadap model pembelajaran Discovery yang menggunakan alat peraga. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan angket (kuesioner). Hasil penelitian ini berupa respon siswa yang dapat dilihat dari hasil wawancara serta pengisisan angket yang dilakukan oleh siswa. Angket respon yang diisi oleh siswa sangat bervariasi namun beberapa dari mereka sepakat/setuju bahwa pembelajarn matematika dengan menggunakan model pembelajaran discovery serta menggunakan alat peraga sangat membantu mereka dalam memahami materi. Begitu juga saat diwawancarai, perwakilan siswa mengatakan sangat senang belajar menggunakan model pembelajaran disovery terutama saat menggunakan alat peraga. Menurutnya belajar matematika tidak terasa sulit karena mereka menemukan sendiri sesuai dengan apa yang pernah mereka temui di kehidupan sehari-hari. Dari hasil angket respon dan wawancara siswa menunjukan bahwa siswa merasa puas dengan pembelajaran discovery dan siswa terlihat mau dan sudi dalam proses belajar matematika dengan model pembelajaran discovery dengan menggunakan alat peraga.

Kata Kunci : Respon, Pembelajaran Discovery, Alat Peraga

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hengki Duwit - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,44 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...