Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari

ABSTRAK
Restianti (A1C1 14 048). “Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang diajar melalui model pembelajaran Integratif; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang diajar melalui model pembelajaran langsung; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Integratif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel berjumlah 409 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 74 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran Integratif adalah 87,36; (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung adalah 84,64; (3) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Integratif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Integratif; Model Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Restianti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,61 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...