Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari

ABSTRAK
La Ode Ali Matrahim (A1C1 14 027). “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari”. Dibimbing oleh Drs. Suhar, M.Kes. (Pembimbing I) dan Dr. Busnawir, M.Si. (Pembimbing II).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara berkelompok; (2) Untuk memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan tidak berkelompok; dan (3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik secara berkelompok dan siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan tidak berkelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang terdiri dari 7 kelas paralel berjumlah 210 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 62 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara berkelompok pada materi relasi dan fungsi diperoleh nilai rata-rata adalah 76.38, (2) Gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara tidak berkelompok pada materi relasi dan fungsi diperoleh nilai rata-rata adalah 69.00 dan (3) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan cara berkelompok lebih tinggi secara signifikan peningkatannya daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik tidak berkelompok.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik Dengan Cara Berkelompok; Pendekatan Saintifik Dengan Cara Tidak Berkelompok; Kemampuan Pemahaman Matematis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang La Ode Ali Matrahim - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,55 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...