Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 07 Kendari Barat Kota Kendari


Herdiana (A1B3 14 013), ‘Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Semester Genap di SD Negeri 07 Kendari Barat Kota Kendari’ Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Dibimbing oleh Bapak Drs. La Ode Kaimuddin, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain quasi eksperimental yang dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas eksperimen pada kelas IV SD Negeri 07 Kendari Barat. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas kontrol pada kelas IV SD Negeri 07 Kendari Barat. (3) Untuk mengetahui perbedaan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran langsung di kelas IV SD Negeri 07 Kendari Barat.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan diperoleh kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVc sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 07 Bendari Barat dengan nilai t_hitung = 2,730 > t_tabel =2,021 atau nilai sign, (2- tailed) 0,018 < α = 0,05.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Herdiana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,48 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...