Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Kendari

ABSTRAK
Fajarudin Nor Syarif (A1C1 13 136). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep matematika siswa kelas X Multimedia yang diajar dengan menggunakan model Guided Discovery Learning, (2) untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep matematika siswa kelas X Multimedia yang diajar dengan model Discovery Learning, (3) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 4 Kendari yang tersebar di 14 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah 68 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data pemahaman konsep matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) proses pembelajaran dengan model Guided Discovery Learning selama 4 kali pertemuan secara keseluruhan tingkat ketercapaian keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, yaitu: 60%, 65%, 80%, dan 85%. Sedangkan tingkat ketercapaian aktivitas siswa yaitu 57,14%, 64,28%, 73,21%, dan 80,35%. Rata-rata pemahaman konsep matematika dengan model Guided Discovery Learning sebesar 71,71 (2) proses pembelajaran dengan model Discovery Learning selama 4 kali pertemuan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru yaitu: 50,00%, 65,00%, 75,00%, dan 80,00%, ketercapaian aktivitas siswa yaitu 55,35%, 58,92%, 62,50%, dan 73,21%. Rata-rata pemahaman konsep matematika siswa dengan model Discovery Learning sebesar 60,23. (3) Terdapat pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Fajarudin Nor Syarif - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,47 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...