Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (Adi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana

ABSTRAK
Asriani (2018), telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar dan keterampilan argumentasi peserta didik disebabkan oleh jarangnya dilakukan kegiatan praktikum dalam pembelajaran fisika, yang sebenarnya sangat diperlukan oleh peserta didik untuk melatih dan mengembangkan pengetahuannya melalui kegiatan penyelidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar IPA dan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari yang belajar melalui model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI).
Sampel dalam penelitian ini SMP Negeri 14 Kendari peserta didik kelas VIII4 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran ADI dan peserta didik kelas VIII5 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pedekatan saintifik. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar IPA dan tes keterampilan argumentasi. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test hasil belajar IPA yang belajar melalui model pembelajaran ADI dan pendekatan saintifik berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,414; 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test keterampilan argumentasi yang belajar melalui model pembelajaran ADI dan pendekatan saintifik berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,523; 3) nilai rata-rata post-test hasil belajar IPA kelas eskperimen sebesar 82,14; 4) nilai rata-rata post-test keterampilan argumentasi peserta didik kelas eksperimen sebesar 78,29; 5) nilai rata-rata N-Gain hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,71; dan 6) nilai rata-rata N-Gain keterampilan argumentasi peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,7. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran ADI dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan argumentasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari. Hal ini berdasarkan hasil analisis deskripritif data hasil belajar IPA dan analisis deskripritif data hasil keterampilan argumentasi.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Keterampilan Argumentasi, Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dan Pendekatan Saintifik.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asriani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,47 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...