Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk And Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 5 Kendari

ABSTRAK

Hermin (A1C1 14 118). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari”. Penelitian eksperimen semu Posttest Only Control Group Design ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, dan (4) Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel dengan jumlah 390 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling, terdiri dari 59 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Data diambil dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Persentase tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TTW selama 4 kali pertemuan secara berturut turut adalah 82,35%, 88,23%, 100%, dan 100%. Persentase tingkat keaktifan siswa pada 4 kali pertemuan berturut-turut adalah 64,44%, 79,16%, 91,66% dan 97,22%, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TTW diperoleh nilai rata-rata 73,17; standar deviasi 20,64; varians 425,87; median 78; modus 81; nilai minimum 28; dan nilai maksimum 100, (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata 64,77; standar deviasi 27,72; varians 768,45; median 66; modus 88; nilai minimum 19; dan nilai maksimum 97, dan (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hermin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,67 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...