Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kendar

ABSTRAK
Serliyani. A1C1 14 110. “ Pengaruh Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari”.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar pembelajaran langsung berbantuan media Edmodo, 2) deskripsi hasil belajar pembelajaran langsung, 3) pengaruh pembelajaran langsung berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 296 siswa yang terdistribusi pada 9 kelas paralel yaitu dari kelas VIII1 sampai VIII9. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random kelas, di peroleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian yang telah divalidasi sebanyak 8 butir soal pada materi pola bilangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Hasil Belajar Matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media Edmodo diperoleh nilai terendah 32,2 dan nilai tertinggi 82,2, mean atau nilai rata-rata 65,421, media atau nilai tengah 68,8, modus atau nilai yang sering muncul, yaitu 77,7, standar deviasi 12,6733 dengan varians 160,612. 2) Hasil Belajar Matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pola bilangan diperoleh nilai terendah 14,4 dan nilai tertinggi 77,8, mean atau nilai rata-rata 43,98, median atau nilai tengah 48,9, modus atau nilai yang sering muncul adalah 49, standar deviasi 15,8588 dengan varians 251, 502. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media Edmodo dan penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari.


Kata kunci : Pembelajaran Langsung, Media Edmodo, dan Hasil Belajar Matematika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Serliyani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,80 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...