Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Dengan Scaffolding Pada Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Materi Pokok Usaha Dan Energi

ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA DENGAN SCAFFOLDING PADA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

OLEH
SYERLI NUGRAWATI

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Fisika dengan scaffolding pada model discovery learning materi usaha dan energi yang valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan berpikit kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang diadopsi dari Akker dan Ploomp yang meliputi tahap pendahuluan dan uji formatif, selanjutnya uji formatif mengacu pada tahapan Tessemer. LKPD hasil pengembangan diujicobakan menggunakan one group pretest-posttest design yang dilakukan di kelas X MIPA 6 SMAN 2 Kendari tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan instrumen validasi ahli, angket uji perseorangan dan uji kelas kecil, angket respon guru dan peserta didik dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) LKPD yang dikembangkan telah valid dan praktis dengan respon positif; dan 2) LKPD tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Kata Kunci : LKPD, Scaffolding, discovery learning, kemampuan berpikir kritis

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Syerli Nugrawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.IPA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,85 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...