Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIID SMP Negeri 5 Kendari

ABSTRAK
NUR BADAENI (A1C114130). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIID SMP Negeri 5 Kendari”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Kendari melalui penerapan model pembelajaran problem based learning.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Kendari tahun akademik 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes awal (sebelum pemberian tindakan), tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan dan lembar observasi bagi guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Dari 35 siswa, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa 17 siswa mampu memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata sebesar 69,08. Hasi tes ini meningkat jika dibandingkan dengan tes awal dimana hanya 4 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata sebesar 42,8. Selanjutya hasil tes siklus II menunjukkan peningkatan dari hasil tes siklus I dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 31 siswa dengan nilai rata-rata 78,88. Kelemahan pembelajaran pada siklus I dapat diperbaiki oleh peneliti yang bertindak sebagai guru pada siklus II. Kemudian siswa tampak terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan juga dapat mengerjakan/menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Kendari.

Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika Siswa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nur Badaeni - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,57 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...