Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Kesalahan Konseptual Dan Algoritma Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Pada Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Wolowa Kabupaten Buton

ABSTRAK
Zainal Abidin (A1C4 13 058), “Analisis Kesalahan Konseptual Dan Algoritma Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Pada Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Wolowa Kabupaten Buton.” Hasil, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo.

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan konseptual dan kesalahan algoritma serta tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab essay tes materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan teknik triangulasi. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi lembar jawaban siswa, angket dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wolowa Tahun Ajaran 2017/2018 semester genap. Analisis data dilakukan melalui penyajian data, verifikasi, tabulasi, pemilihan cuplikan lembar jawaban siswa dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesalahan konseptual yang dilakukan siswa pada soal nomor satu dan dua teridentifikasi pada 5 kategori yaitu 3 orang siswa berkategori sangat tinggi, 1 orang berkategori tinggi, 7 orang dengan kategori sedang, 1 orang kategori rendah dan 8 orang dengan kategori sangat rendah. Kesalahan algoritma yang dilakukan siswa pada soal nomor tiga, empat, lima dan enam teridentifikasi pada 4 kategori yaitu 1 orang kategori tinggi, 7 orang kategori sedang, 9 orang dengan kategori rendah dan 2 orang berkategori sangat rendah. Serta, tingkat kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 1 Wolowa dalam menyelesaikan soal-soal kimia pokok bahasan hidrolisis garam teridentifikasi pada 4 kategori yakni tingkat kesulitan dengan kategori tinggi sebanyak 1 orang dengan persentase 66,7%, kategori sedang sebanyak 7 orang dengan persentase 58,3%, 9 orang kategori rendah dengan persentase 33,4% serta 3 orang kategori sangat rendah dengan persentase 11,5%. Sedangkan tingkat kesulitan kategori sangat tinggi tidak ditemukan.
Wawancara mendalam dilakukan berdasarkan lembar jawaban siswa dengan soal yang sama dan lembar jawaban siswa dengan soal yang berbeda. Kesalahan yang dilakukan pada siswa 01, 02 dan 03 dalam menjawab soal nomor 1 adalah salah dalam menjelaskan pengertian hidrolisis garam dan reaksi hidrolisis dikarenakan tidak paham dengan konsep dasar. Sedangkan pada siswa 04, 05 dan 06 salah dalam menggunakan rumus hidrolisis garam karena kurang paham maksud dari pertanyaan soal dan tidak tahu konsep serta salah dalam menggunakan operasi perhitungan matematika.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Kesalahan Konseptual, Kesalahan Algoritma, Tingkat Kesulitan Siswa, Pokok Bahasan Hidrolisis Garam, Penelitian Kualitatif.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Zainal Abidin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Kimia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Kimia
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvii,95 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...