Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Kalor Kelas VIIA SMP Negeri 1 Kontunaga

ABSTRAK
Apriadi (A1C3 11 050). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Kalor Kelas VIIA SMP Negeri 1 Kontunaga.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga peserta didik kurang aktif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan (3) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Kontunaga yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok Kalor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Kontunaga yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian terdiri atas tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik serta lembar observasi aktivitas guru. Prosedur penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II yang meliputi identifikasi permasalahan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 2,97 meningkat pada siklus II menjadi 3,55 dari skor ideal 4.. Sedangkan untuk nilai rata-rata hasil tes belajar peserta didik diperoleh 76,21 pada siklus I meningkat pada siklus II sebesar 81. Sehingga diperoleh selisih peningkatan hasil belajar sebesar 4,79. Untuk ketuntasan belajar secara klasikal disiklus I hanya mencapai 63,33% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil serta ketuntasan belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Kontunaga yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together mengalami peningkatan secara signifikan dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci : Model Numbered Head Together, Hasil Belajar IPA dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang APRIADI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,32 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...