ABSTRAK
NURDIANTI AISAH (A1C114040) “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari Ditinjau dari Gaya Belajar”. Dibimbing oleh Dr. H. Fahinu, M.Pd. (Pembimbing I) dan Dr. Muhammad Sudia, M.Pd. (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari berdasarkan level, domain konten, konteks dan karakteristik butir soal literasi matematis yang ditinjau dari gaya belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen berupa angket gaya belajar, tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang memiliki gaya belajar auditorial lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata tes kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yaitu 29,75, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh nilai rata-rata berturut-turut 26,45 dan 28,72. Selanjutnya bila dikaji berdasarkan level literasi matematis, siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial unggul pada level 2, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik unggul pada level 3. Berdasarkan domain konten, siswa yang memiliki gaya belajar visual, siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik unggul pada konten shape and space. Berdasarkan domain konteks, siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial unggul pada konteks societal, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik unggul pada konteks scientific.
Kata kunci: Literasi Matematis, Level, Konten, Konteks, Gaya belajar.
|