Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari

ABSTRAK

Sitti Samsiar (A1C1 14 064). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari”.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 18 kendari sebelum diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 18 kendari setelah diajar dengan model pembelajran kooperatif tipe STAD; dan (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 18 Kendari.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas paralel yang berjumlah 92 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 1 kelas sebagai sampel, yakni kelas ekperimen sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian menggunakan one-group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata sebesar 46,88. Standar deviasi sebesar 11,870 dan varians sebesar 140,900. Nilai minimumnya adalah 18 dan nilai maximumnya adalah 65; (2) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD nilai rata-rata sebesar 72.41. Standar deviasi sebesar 15,494 dan varians sebesar 240,051. Nilai minimumnya adalah 32 dan nilai maksimumnya adalah 96; dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 18 Kendari.

Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Matematika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sitti Samsiar - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,51 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...