Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Amonggedo Pada Materi Pokok Wujud Zat

ABSTRAK

Ardiansah (2018), telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Amonggedo pada Materi Pokok Wujud Zat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi wujud zat pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Amonggedo yang belajar melalui metode quantum teaching dan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Amonggedo yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 67 orang.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Amonggedo yaitu kelas VIIA sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebanyak 21 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar IPA peserta didik yang telah diuji coba dan memenuhi kriteria sebagai tes yang baik. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian: (1) gambaran hasil tes awal peserta didik kelas eksperimen pada materi pokok wujud zat yaitu diperoleh nilai maksimum 48, nilai minimum 20, nilai rata-rata 34, dan standar deviasi 7,4, sedangkan pada kelas kontrol yaitu diperoleh nilai maksimum 48, nilai minimum 24, nilai rata-rata 34,3 dan standar deviasi 7,4, hasil tes akhir siswa kelas eksperimen yaitu diperoleh nilai maksimum 92, nilai minimum 64, nilai rata-rata 73,5 dan standar deviasi 8,1, sedangkan pada kelas kontrol yaitu diperoleh nilai maksimum 80, nilai minimum 52, nilai rata-rata 64,4 dan standar deviasi 9,4; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata tes awal peserta didik kelas eksperimen dan nilai rata-rata peserta didik kelas kontrol pada materi pokok wujud zat pada α = 0,05; (3) nilai rata-rata tes akhir peserta didik kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol pada materi pokok wujud zat pada α = 0,05; dan (4) nilai rata-rata gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata gain hasil belajar peserta kelas kontrol pada materi pokok wujud zat pada α = 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa metode quantum teaching maupun pembelajaran langsung dapat menstimulasi hasil belajar peserta didik pada materi wujud zat, akan tetapi dengan penggunaaan metode quantum teaching (kelas eksperimen) memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Quantum Teaching dan Hasil Belajar IPA

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ardiansah - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,42 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...