ABSTRAK
Wa Ode Iqra Malik (A1C1 10 086) “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Transformasi pada Siswa KelasVII SMPN 4 Kendari”.
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis kesalahan apa yang dilakukan siswa kelas VII.1 SMPN 4 Kendari dalam menyelesaikan soal Geometri pokok bahasan transformasi? (2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa kelas VII.1 SMPN 4 Kendari melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Geometri pokok bahasan transformasi? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan transformasi?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII.1 SMPN 4 Kendari dalam menyelesaikan soal Geometri pokok bahasan transformasi, (2) Faktor-faktor penyebab siswa kelas VII.1 SMPN 4 Kendari melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Geometri pokok bahasan transformasi. (3) Solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan transformasi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksaakan di SMPN 4 Kendari Tahun Ajaran 2014/2015 semester genap. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 30 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang dengan kriteria: (1) memperhatikan siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; (2) memperhatikan kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan konsep, prinsip, fakta dan operasional. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subjek diperoleh dari tes. Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan transformasi yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta dan kesalahan operasional.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan transformasi meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta dan kesalahan operasional.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Transformasi, Hasil Jawaban Siswa
|