Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IVC SDN 10 Poasia

ABSTRAK

Rasmita, 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Roblem Based Learning Untuk Meningkaktan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IVc SDN 10 Poasia”. Jurusan/ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bombing oleh Dr. H. Nana Sumarna, S.Pd., M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. H Muh. Yasin, M.Pd., selaku pembimbing II.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan siswa kelas IVc SDN 10 Poasia”. “Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa pada materi pecahan siswa kelas IVc SDN 10 Poasia”.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 23 April 2018 s/d 07 Mei 2018. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) tahap refleksi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVc SDN 10 Poasia. Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif.
Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan perbaikan pembelajaran bahwa pada tindakan siklus I, proses aktivitas mengajar guru melalui model pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan oleh peneliti mencapai 66,00% dan pada tindakan siklus II meningkat mencapai
70,00%. Begitupun pada proses aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada tindakan siklus I mencapai 67,00% dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan mencapai 77,00%. Dari segi hasil yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah, yaitu: 1) Ada penurunan siswa yang dapat menunjukkan kemampuan pemahaman masalah pada siklus I hanya 2 (8,33%) siswa dan pada siklus II menurun menjadi 6 (25%), 2) Ada penurunan siswa yang dapat menunjukkan kemampuan perencanaan penyelesaian pada siklus I hanya 4 (16,66%) siswa dan pada siklus II menurun menjadi 8 (33,33%) siswa, 3) Ada peningkatan siswa yang dapat menunjukkan kemampuan melaksanakan perencanaan pada siklus I tidak ada siswa yang mencapai indikator dan pada siklus II meningkat menjadi 9 (37,5%) siswa, 4) Ada peningkatan siswa yang dapat menunjukkan kemampuan pemeriksaan kembali proses dan hasil pada siklus I tidak ada siswa yang mencapai indikator dan pada siklus II meningkat menjadi 9 (37,5%) siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran PBL.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rasmita - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,66 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...