Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Sikap Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 12 Kendari Tahun Pelajaran 2017/2018

ABSTRAK
Burhanuddin (A1C114097) “Pengaruh Sikap dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 12 Kendari Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskriptif sikap, motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kendari, (2) Pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kendari, (3) Pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kendari, (4) Pengaruh sikap dan motivasi siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kendari.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21-28 Mei 2018 bertempat di SMP Negeri 12 Kendari, populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kendari tahun pelajaran 2017/2018, pengambilan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael yang kemudian penarikan sampel pada setiap kelas di lakukan acak proporsional (Proportional Random Sampling). Sehingga diperoleh sampel sebesar 142 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian angket dan data dokumentasi. Teknik analisis data hasil akhir dengan menggunakan statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa sikap siswa pada pelajaran matematika (X1) berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) dan memberikan kontribusi sebesar 84,3% begitu pula dengan motivasi siswa pada pelajaran matematika (X2) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) dan memberikan kontribusi sebesar 56,4%.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda data sikap siswa pada pelajaran matematika (X1) dan motivasi siswa pada pelajaran matematika (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) diperoleh persamaan regresi Ŷ = -10,559 + 0,689X1 + 0,190X2 dan nilai koefisien determinasi R2 = 0,898. Berkesimpulan bahwa sikap dan motivasi siswa pada pelajaran matematika berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kendari.
Kata Kunci: Sikap, Motivasi, Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Burhanuddin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,77 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...