Pilih Bahasa  
Book's Detail
Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Pbl Dan Motivasi Intrinsik Dengan Penerapan Self Directed Learning (SDL) Di Fakultas Kedokteran Uho

ABSTRAK
HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PBL DAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PENERAPAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) DI FAKULTAS KEDOKTERAN UHO

Oleh :

Rezki Fitrianti
K1A1 14 129

Self Directed Learning (SDL) diartikan sebagai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dimana proses dan pengalaman belajar diatur dan dikontrol oleh peserta didik sendiri. SDL dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan belajar, jenis kelamin, motivasi dalam belajar dan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa terhadap Problem Based Learning (PBL) dan motivasi intrinsik dengan penerapan SDL di Fakultas Kedokteran UHO.

Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jumlah sampel 91 orang yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UHO angkatan 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan menggunakan kuesioner. Hasil data diolah dengan uji statistik korelasi pearson.

Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap PBL diperoleh nilai p = 0,032 dengan nilai r = 0,225 yang menandakan nilai korelasi lemah sedangkan dengan motivasi intrinsik diperoleh nilai p = 0,008 dengan nilai r = 0,276 yang menandakan nilai korelasi lemah.

Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap PBL dan motivasi intrinsik dengan penerapan SDL di Fakultas Kedokteran UHO dengan korelasi lemah.

Kata Kunci : persepsi mahasiswa, Problem Based Learning , motivasi intrinsik, Self Directed Learning

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rezki Fitrianti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Dokter
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit F-KEDOKTERAN/Pend.Dokter
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,57 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...