Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari

ABSTRAK


Komang Satria Adnyani. A1C1 14 102. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar matematika yang diakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru. Salah satu solusi yang ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang lebih baik model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling mengambil dua kelas dengan melihat rata – rata. Terpilih siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data hasil belajar dari kedua kelompok sampel dilakukan dengan pemberian tes uraian yang telah divalidasi sebanyak 5 butir. Diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 72,961 dan rata-rata kelas kontrol adalah 65,917. Berdasarkan uji normalitas bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sehingga untuk menguji hipotesis dapat digunakan uji t. Berdasarkan uji ketaksamaan rata-rata menggunakan statistik uji t diperoleh thitung = 2,481 dan tα/2 = 2,000. Jadi thitung > tα/2. Dengan demikian H0 ditolak. Ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (VIII1) lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol (VIII2).

Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Matemaatika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Komang Satria Adnyani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,58 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...