Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Variasi Ukuran Butir Pasir Dan Karbon Aktif Terhadap Penurunan Kadar Besi (Fe) Dan Mangan (Mn) Pada Sumur Gali

ABSTRAK
Nurhalifa (A1C3 14 023), telah melakukan penelitian dengan judul : Pengaruh Variasi Ukuran Butir Pasir dan Karbon Aktif Terhadap Penurunan Kadar Besi (Fe) dan Mangan (Mn) pada Sumur Gali.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kadar Fe dan Mn pada air sumur setelah dilakukan proses penyaringan berdeasarkan ukuran butir pasir dan karbon aktif serta menganalisis ukuran butir yang paling efektif menurunkan kadar Fe dan Mn air sumur gali.
Penurunan kadar besi dan mangan dengan menggunakan metode aerasi filtrasi dengan menggunakan aerator sembur dan saringan pasir cepat. Dalam penelitian pasir dibuat dengan variasi ukuran butir dari 18 mesh, 35 mesh, dan 70 mesh sedangkan karbon aktif dengan ukuran 60 mesh, 80 mesh dan 100 mesh. Pengukuran sampel awal air sumur gali untuk penentuan kadar besi (Fe) dan mangan (Mn) dengan metode Spektroskopi Serapan Atom menghasilkan kadar logam Fe sebesar 2,06 mg/L dan untuk kadar Mn sebesar 1,68 mg/L.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran butir yang efektif menurunkan kadar besi (Fe) dan mangan (Mn) yaitu karbon aktif 100 mesh dan ukuran butir pasir 18 mesh,35 mesh dan 70 mesh. Dimana efektivitas pengolahan untuk besi (Fe) sebesar 95, 23 %, 97,14 % dan 99,04 % dan mangan (Mn) sebesar 94,65 %, 95,84 % dan 97, 02 %. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan air sumur gali dengan metode aerasi-filtrasi menggunakan aerator sembur dan saringan pasir cepat berhasil menurunkan kadar besi (Fe) dan kadar mangan (Mn) pada air sumur gali.

Kata kunci: Aerasi-filtrasi, Air Sumur, Variasi Ukuran Butir, Kadar Fe dan Mn.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurhalifa - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,39 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...