Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha

ABSTRAK

Sitti Amaliyah Adriani (A1C1 14 060). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan: (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha yang diajar melalui model pembelajaran penemuan terbimbing, (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha yang diajar melalui model pembelajaran langsung, (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha yang terdiri dari 5 kelas paralel yaitu VII1-VII5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Persentasi tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing selama 4 kali pertemuan secara berturut turut adalah 75%, 87,5%, 87,5%, dan 93,75%. Persentasi tingkat keaktifan siswa pada 4 kali pertemuan berturut-turut adalah 75%, 91,67%, 83,33% dan 100%, (2) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha yang diajar menggunakan model pembelajaran penemuan termbimbing pada materi penyajian data di peroleh nilai rata – rata 71,69; standar deviasi 12,32; varians 151,858; median 70; modus 70; nilai minimum 55 dan nilai maksimum 95, (3) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada materi penyajian data diperoleh nilai rata-rata 66,12; standar deviasi 10,04; varians 100,897; median 64; modus 60; nilai minimum 50 dan nilai maksimum 88, (4) dengan model pembelajaran penemuan terbimbing memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha semester genap tahun ajaran 2017/2018.


Kata kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar
Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sitti Amaliyah Adriani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,62 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...