Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tomia

ABSTRAK
Nurmayanti. (A1C1 14 043), “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning deangan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tomia” Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, (3) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) penereapan model pembelajaran langsung mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, (5) perbedaan pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tomia tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIC sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Integratif dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan berikut. (1) Hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Tomia yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik pada materi segitiga dan segiempat memiliki nilai rata-rata 80,09, median,78, 90, modus 78,12, standar deviasi 5,43, varians 29,52, nilai skewness 1, 91, nilai kurtosis -4,26, nilai minimum 75 dan nilai maksimum 96,87. Dengan rata-rata peningkatan N-Gain sebesar 0,52, median, 0,49, modus 0,46, standar deviasi 0,13, varians 0,01, nilai skewness 1,80, nilai kurtosis -1,17, nilai minimum 0,38 dan nilai maksimum 0, 92. (2) Hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Tomia yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada materi segitiga dan segiempat memiliki nilai rata-rata 70,53, median,70, 97, modus 75, standar deviasi 5,09, varians 25, 94, nilai skewness -0,21, nilai kurtosis -1,17, nilai minimum 62,50 dan nilai maksimum 78,12. Dengan rata-rata peningkatan N-Gain sebesar 0,38, median, 0,40, modus 0,50, standar deviasi 0,16, varians 0,02, nilai skewness 0,01, nilai kurtosis 3,66, nilai minimum 0,14 dan nilai maksimum 0,65. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 = α yang berarti H0 ditolak. (4) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 = α yang berarti H0 ditolak. (5) Berdasarkan hasil uji-t sampel independen, rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Jadi, penerapan model pembelajaran disovery learning dengan pendekatan matematika realistik berpengaruh lebih baik dengan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan matematika realistik, Hasil belajar siswa

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurmayanti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,84 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...