Pilih Bahasa  
Book's Detail
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KENDARI

ABSTRAK
Risa Nurmala (A1C1 14 051) “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Kendari”.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Kendari dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, (3) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kendari yang terdiri dari 10 kelas paralel dengan jumlah 277 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive dan tehnik penentuan kelas secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan penalaran matematis berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Aktivitas belajar dengan menggunakan model Discovery Learning pada kelas VII SMP Negeri 3 Kendari terkategori baik sebesar 78,82%, (2) Gambaran kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pokok bahasan garis dan sudut diperoleh nilai rata-rata 79,16, (3) Gambaran kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model konvensional pada pokok bahasan garis dan sudut diperoleh nilai rata-rata 71,59, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Kendari.


Kata Kunci : model pembelajaran discovery learning, model pembelajaran konvensional, kemampuan penalaran matematis


Pernyataan Tanggungjawab RISA NURMALA
Pengarang RISA NURMALA - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek PENDIDIKAN MATEMATIKA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UNIVERSITAS HALU OLEO/ KENDARI
Deskripsi Fisik xiv, 69 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...