Pilih Bahasa  
Book's Detail
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Yanti (A1C114080). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari?, (2) Bagaimana deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari?, (3) Apakah kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mempelajari deskripsi kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari (2) Untuk mempelajari deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari (3) Untuk mempelajari pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 427 siswa yang tersebar dalam sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kecerdasan emosional pada siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari mempunyai skor rata-rata 119.19 dengan 96 sebagai skor terendah dan 156 sebagai skor tertingi. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari termasuk dalam kategori kurang. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan fungsi taksiran regresi Ŷ = 27,296 + 0,239 X. Artinya setiap kenaikan satu satuan variabel kecerdasan emosional akan meningkatkan nilai hasil belajar matematika sebesar 0,239 satuan dalam populasi.


Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab YANTI
Pengarang YANTI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek PENDIDIKAN MATEMATIAKA
Klasifikasi PENDIDIKAN
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UNIVERSITAS HALU OLEO/ KENDARI
Deskripsi Fisik xiii, 54 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...