Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Pemahaman Siswa Sma Terhadap Konsep Dasar Persamaan Nilai Mutlak

ABSTRAK

Muhammad Rawal. (G2I116031). Analisis Pemahaman Siswa SMA Terhadap Konsep Dasar Persamaan Nilai Mutlak. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo (UHO). Pembimbing: (I) Dr. H. Jafar, M.Si., dan (II) Dr. Mustamin Anggo, M.Si.

Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam membangun suatu konsep secara formal dan mampu mengaitkan beberapa konsep matematika untuk menyelasaikan pada konsep matematika yang berkaitan.Konsep matematika yang dimaksud adalah persamaan nilai mutlak. Persamaan nilai mutlak dalam tesis ini adalah persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak dengan bentuk |ax + b | = c dan |px + q| = |rx + s| dimana a, b, c, p, q, r, s, x R dan a, p, r 0. Persamaan nilai mutlak dibangun oleh konsep persamaan dan konsep nilai mutlak. Selain itu juga, persamaan nilai mutlak sangat penting dipelajari karena merupakan dasar pembangun beberapa konsep pada kalkulus dasar, khususnya materi limit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa SMA terhadap konsep dasar persamaan nilai mutlak.Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang masing-masing dikategorikan sebagai “kategori tuntas” dan “kategori tidak tuntas”. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kedua siswa tersebut tidak dapat membangun suatu konsep dasar persamaan nilai mutlak secara formal.Namun, siswa SMA (kategori “tuntas”) dapat memahami sebagian besar dari konsep dasar persamaan nilai mutlak dan konsisten dengan penggunaan materi prasyarat suatu konsep persamaan nilai mutlak dalam menyelesaikan contoh-contoh yang dikemukakan.Selain itu juga, siswa SMA (kategori “tuntas”) belum memahami solusi dari contoh sederhana dari persamaan nilai mutlak.Sedangkan, siswa SMA (kategori “tidak tuntas”) belum memahami konsep dasar persamaan nilai mutlak, tetapi konsisten dengan penggunaan materi prasyarat suatu konsep persamaan nilai mutlak dalam menyelesaikan contoh-contoh yang dikemukakan.Selain itu juga, siswa SMA (kategori “tidak tuntas”) belum memahami definisi nilai mutlak dari penjumlahan bilangan real yang memuat suatu variabel sehingga keliru dalam memahami contoh persamaan nilai mutlak, kecuali contoh sederhana persamaan nilai mutlak.

Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Dasar Persamaan Nilai Mutlak

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Muhammad Rawal - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,106 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...