Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 13 Poasia Kendari

ABSTRAK
Alfitri Aba Daa A1B3 14 127 Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 13 Poasia Kendari Tahun Ajaran 2017-2018.
Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Dan Mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan, Membuat contoh dan mencontoh penyangkal, Mempresentasikan suatu konsep dengan model, diagram, dan simbol, Merubah suatu bentuk representasi ke bentuk lain, Mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep, Mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep, Membandingkan dan membedakan konsep-konsep. Jenis penelitian termasuk penelitian eksperimen semu yaitu desain “pra dan pasca uji” dimana hal tersebut melibatkan 1 atau 2 kelompok yang diberi perlakuan yang diyakini akan berpengaruh positif. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas IV-A dan Kelas IV-B SDN 13 Poasia tahun pelajaran 2017/2018. Sampel Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Pertimbangan diambilnya kelas IV-B sebanyak 24 siswa adalah karena jumlah siswa nilai mata pelajaran matematika di bawah KKM pada kelas IV-B yang cukup banyak yaitu 15 siswa sehingga peneliti perlu melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang peneliti ambil pada penelitian ini. Waktu Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Poasia dan Waktu Pelaksanaannya pada 5 April s/d 8 Mei 2018.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dari penelitian ini adalah metode Discovery Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis, Tahap selanjutnya dalam analisis data adalah analisis inferensial Uji normalitas dilakukan bertujuan untuk menguji apakah data penelitian yang dilakukan memiliki distribusi yang normal atau tidak, Dari tabel dilihat bahwa nilai asymp sig. (2-tailed) uji normalitas dengan menggunakan statistik uji Kolmogorov-smirnov diperoleh 0,140 > α (dengan α = 0,05), sehingga H0 diterima. Maka disimpulkan bahwa data nilai kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model Discovery Learning berdistribusi normal. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah data mempunyai varians yang sama (homogen) atau tidak, dilihat bahwa nilai signifikan statistik uji Len eve adalah 0,080 >

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Alfitri Aba Daa - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,51 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...