Pilih Bahasa  
Book's Detail
Validasi Koordinat Tapal Batas Menggunakan Metode Jaring Dan Stake Out( Studi Kasus : Kawasan Tambang Desa Watumbuhoti Kabupaten Konawe Selatan )

ABSTRAK
Eko Riswanto,P3A114079. Validasi Koordinat Tapal Batas Menggunakan Metode Jaring Dan Stake Out di Kawasan Pertambangan Desa Watumbuhoti Kabupaten Konawe Selatan di bimbing oleh pembimbing I Nurgiantoro,S.T.,M.T dan pembimbing II Muh. Syarif Prasetya,S.T.,M.T.
Masalah batas suatu wilayah merupakan salah satu faktor yang penting karena menyangkut suatu eksistensi. Suatu batas wilayah diturunkan dari 2 atau lebih titik yang membentuk suatu jaring tertutup. Penentuan titik batas merupakan suatu tantangan tersendiri karena dibutuhkan suatu pengetahuan dan wawancara yang cukup kompleks. Mulai dari wawasan sosial kemasyarakatan sampai metode dan teknik penentuan titik batas itu sendiri. pengetahuan dan teknik berkaitan dengan penentuan titik batas berkaitan dengan aspek kebenaran (keabsahan) dari posisi yang dihasilkan, sehingga tidak terdapat informasi yang tumpang tindih yang akhirnya akan menimbulkan sengketa.
Tujuan dari penelitian ini Mengetahui metode kerja pengukuran tapal batas dengan menggunakan alat GPS Geodetik South H66 dan Total Station Nikon Nivo 3C dan Mengetahui koordinat tapal batas kawasan pertambangan dengan menggunakan metode jaring dan stake out.
Dari hasil penelitan diatas tentang “Validasi Koordinat Tapal Batas Dengan Menggunakan Metode Jaring Dan Stake Out” di Desa Watumbuhoti Kab.Konawe Selatan dapat di tarik kesimpulan pengukuran tapal batas dengan menggunakan metode jaring dan stake out langkah-langkah awalnya adalah memiliki data koordinat tentative,memiliki koordinat RSGI untuk dijadikan baseline serta menentukan 2 titik Bencmark (BM) dimana masing-masing BM memiliki data koordinat fixed dengan nilai horizontal presisi 0.007 m, 0.007 meter dan vertical presisinya 0.034 m, 0,038 meter dan memiliki nilai koreksi σd=0.0000030, σN
=0.0000020, σE=0.0000030,dan σH=0.0000180 untuk BM01 dan σH=0.0000190 untuk BM02. Dua titik BM ini untuk titik awal pengukuran stake out dan penelitian metode jaring dan stake out, posisi koordinat tapal batas sudah tepat sesuai dengan batas dan luas kawasan pertambangan. Dimana terdiri 6 titik koordinat tanda batas sudut dan 10 titik tanda batas prapatan serta 2 buah BM.
Kata Kunci : Validasi Koordinat, Metode Jaring, Stake Out

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Eko Riswanto - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Teknik Sipil
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit VOKASI/Teknik Sipil
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik v,42 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...