Pilih Bahasa  
Book's Detail
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK GERAK MELINGKAR PESERTA DIDIK KELAS XA BIDANG KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 4 KENDARI

ABSTRAK
Siska (A1C3 13 135), telah melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Gerak Melingkar pada Peserta Didik Kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran aktivitas belajar kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari pada materi pokok gerak melingkar yang diajar dengan model pembelajaran penemuan ?, (2) bagaimana gambaran hasil belajar kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak pada materi pokok gerak melingkar yang diajar melalui penerapan model pembelajaran penemuan ?, dan (3) bagaimana gambaran ketuntasan belajar fisika kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari pada materi pokok gerak melingkar yang diajar melalui penerapan model pembelajaran penemuan ?, Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar Fisika peserta didik kelas XA bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari yang diajar melalui penerapan Model Pembelajaran Penemuan pada materi pokok Gerak Melingkar, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar Fisika peserta didik kelas XA bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari pada materi pokok Gerak Melingkar melalui penerapan Model Pembelajaran Penemuan dan (3) untuk mengetahui gambaran ketuntasan belajar fisika kelas XA bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendari pada materi pokok Gerak Melingkar yang diajar melalui penerapan Model Pembelajaran Penemuan. Data yang telah diperoleh pada penelitian ini adalah data aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru serta data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara statistik desktiptif dengan menggunakan lembar instrument tes hasil belajar serta lembar observasi aktivitas peserta didik dan aktivitas guru. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran penemuan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,3 dengan kategori cukup dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,3 dengan kategori baik, data aktivitas guru selama menerapkan model pembelajaran penemuan selama proses belajar mengajar berlangsung pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,4 dengan kategori cukup dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,1 dengan kategori baik, (2) hasil belajar fisika peserta didik kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat lunak sesudah diterapkan model pembelajaran penemuan pada siklus I diperoleh nilai minimum 15, nilai maksimum 85, nilai ratarata 46,8 dengan standar deviasi 23,5 dan pada siklus II diperoleh nilai minimum 42, maksimum 95, nilai rata-rata 78,4 dengan standar deviasi 12 dan (3) ketuntasan hasil belajar fisika peserta didik kelas XA Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak pada siklus I diperoleh tuntas sebesar 23,8% dan pada siklus II tuntas sebesar 80,1%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Penemuan, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SISKA - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,36 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...