Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penggunaan PhET (Physics Education Technology) Interactive Simulationuntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Getaran Dan Gelombang Pada Mata Pelajaran Ipa Fisika Kelas VIII3 SMPN 1 Sampolawa (Penelitian Tindakan Kelas SMP Negeri 1 Sampolawa Semester II Tahun Ajaran 2016/2017)

ABSTRAK
La Ode Ma’rifan (A1C313029) (2017) Telah melakukan penelitian dengan judul: “Penggunaan PhET(Physics Education Technology)Interactive Simulation Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa padaMateri Getaran dan Gelombang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMPN 1 Sampolawa (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VIII3SMPN 1 Sampolawa Semester II Tahun Ajaran 2016/2017)”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah gambaran aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII3 SMPN 1 Sampolawa yang diajar dengan menggunakan media simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang;2)bagaimana peningkatan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VIII3 SMPN 1 Sampolawa setelah diajar dengan menggunakan media simulasi PhETpada materi getaran dan gelombang; dan 3) bagaimana ketuntasan belajar siswa kelas VIII3 SMPN 1 Sampolawa setelah diajar dengan menggunakan media simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang?Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas belajar siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Sampolawa pada materi getaran dan gelombang setelah diajar dengan menggunakan media simulasi PhET; 2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Sampolawa yang diajar dengan menggunakan media simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang; dan 3) untuk mengetahui peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas VIII3 SMPN 1 Sampolawa setelah diajar dengan menggunakan media simulasi PhET. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aktivitas siswa pada setiap siklus terjadi peningkatan yang dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,08meningkat pada siklus II sebesar 3,51; 2) melalui penggunaan media simulasi PhET pemahaman konsepFisika siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Sampolawa pada materi getaran dan gelombang dapat ditingkatkan. Hal ini dibuktikandengan meningkatnya nilai rata-rata pemahaman konsep yang diperoleh siswa dari 46,77pada siklus I meningkat menjadi 74,19 pada siklus II; dan 3) melalui pengggunaan media simulas PhET ketuntasan belajar siswa kelas VIII3pada materi getaran dan gelombang meningkat dari 41,67% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II.




KATA KUNCI: PhET Simulation, Pemahaman Konsep, Getaran dan Gelombang

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang La Ode Ma’rifan - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,50 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...